Jumat, 17 Desember 2010

UNIVERSAL GENEVE POLEROUTER DATE

Akhirnya dapat juga Universal yang "waras"..., jalannya bagus sekali

Tinggal menunggu Masterpiece nya Si Tricompax saja yah...


The Legend is Alive....!!!


Nangkring di Pohon Ebony...

Hitam & putih teras rumah senada dengan dialnya...

Untuk mempersingkat penerbangan dari Eropa ke California (AS) , maskapai SAS (Scandinavian Airline System) membuka rute baru di Kutub Utara di tahun 1950an. Semua kru di penerbangan ini harus mengambil bagian dalam pelatihan khusus di "SAS Arktik Flight School". Perusahaan Jam Universal Genève menyediakan awak dengan jam tangan otomatis yang tahan terhadap medan magnet yang kuat dari daerah kutub, yang kemudian menjadi Jam resmi SAS.

Pada 15 November 1954 pada 19:18 waktu setempat itu "Helge Viking" (OY-KMI) lepas landas di Kopenhagen untuk penerbangan komersial pertama atas Kutub Utara (nomor penerbangan SK 931). Tujuan akhir adalah Los Angeles (AS). Pesawat adalah jenis Douglas DC-6 B dengan rentang sayap 35,8 m dilengkapi dengan empat 2500 Pratt & Whitney hp mesin baling-baling (18-silinder kembar baris piston radial). Kecepatan jelajah maksimum pesawat ini adalah 507 km / jam Rentang ini 7600 km dengan ketinggian 25.000 ft Pesawat jarak jauh yang digunakan oleh SAS memiliki kapasitas 50 sampai 75 penumpang

Universal Genève memperkenalkan Jam dengan nama "Polarouter" pada musim gugur 1954 yang desainnya diciptakan dan dirancang oleh salah satu Watchmaker yang paling dikagumi pembuat jam dari abad ke-20, Gerald Genta yang kemudian menciptakan juga "Royal Oak" untuk Audemars Piguet dan "Nautilus" untuk Patek Philippe.

The Polarouter, seperti model dikenakan oleh kru SAS, disertai dengan mesin otomatis kaliber 138 SS , kemudian diubah namanya menjadi "Polerouter"dan kemudian dilengkapi dengan kaliber terkenal 215 "Microtor" .

 

Beberapa model lain Polerouter dikeluarkan selama dua belas tahun ke depan. Selain mentuk klasik dengan "Bombe" lugs dan cincin indeks bagian dalam (Polerouter, Polerouter de luxe, Polerouter Tanggal) model baru dengan desain yang berbeda-casing dan cepat telah diperkenalkan (Polerouter Jet, Polerouter Super, Polerouter Genève, Polerouter Compact , Polerourer "NS", III Polerouter, Sub Polerouter).

Pada 1950-an dan 60-Universal Genève adalah "timer" resmi pada semua penerbangan SAS Royal Viking. Fakta ini diiklankan oleh kedua belah pihak. Dunia simbolik dengan bendera di Kutub Utara dan kutub sketsa-rute (lihat gambar terakhir dari halaman ini) telah diubah dengan Universal Genève sebuah terukir dalam baja belakang setiap "klasik" Microtor-Polerouter. Selain itu versi dikirimkan ke SAS-Crews dihiasi dengan logo SAS dicetak pada dial.




 Polerouter advertisement published in the German SAS timetable of 1957
 
Kebanyakan Polerouter model yang tersedia dalam baja, emas 18 k kuning dan merah muda atau dengan 300 nano micron emas . Sebuah Polerouter adalah sebuah status jam tangan mewah berkualitas tinggi. Pada tahun 1950-an sebuah Polerouter Steel seharga sebuah ROLEX EXPLORER.

Bahkan harga Sebuah Date Polerouter  dalam emas 18 k dengan Rantai emas (All Gold) hampir sama dengan harga sebuah Volkswagen Beetle.

Setelah pengenalan Electric Polerouter pada tahun 1963, pada akhir tahun 1980-an upaya gagal dilakukan untuk menghidupkan kembali Polerouter untuk sebuah arloji Quartz . Pada tahun 1990 Quartz Polerouter Sport Chrono diperkenalkan. Sejak itu, Universal Genève tidak memproduksi jam tangan di bawah label Polerouter lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar